https://img.sipindo.id/post/35221/new.jpg

Unsur Fosfor (P), Kuncinya Kehidupan Tanaman

Oleh : Sipindo

10 Sep 2019

#30saranVNL

#seri9volume2

 

Unsur fosfor (P) merupakan unsur hara yang diperlukan dalam jumlah besar atau makro. Keunikan dari unsur ini adalah walaupun jumlahnya paling sedikit dibanding 2 saudaranya yaitu nitrogen dan kalium pada tanaman, namun fosfor dianggap sebagai “kuncinya kehidupan”.

Karakteristik fosfor yang membedakanya dengan unsur lain adalah unsur ini tidak mudah dilarutkan air dan fosfor cenderung lambat pergerakannya dalam tanah. Untuk itu unsur ini bisa terkandung dalam jumlah yang banyak dalam tanah dibanding unsur makro lainya.
Fungsi fosfor adalah untuk pembelahan sel, pembentukan albumin, pembentukan bunga, buah, dan biji. Selain itu, fosfor juga berfungsi untuk mempercepat pematangan buah, memperkuat batang, untuk perkembangan akar, memperbaiki kualitas tanaman, metabolisme karbohidrat, membentuk nucleoprotein (sebagai penyusun RNA dan DNA) dan menyimpan serta memindahkan energi seperti ATP. Unsur fosfor juga berfungsi untuk meningkatkan ketahanan terhadap penyakit.
Jika tanaman kekurangan unsur fosfor, maka gejala yang timbul adalah tanaman kerdil, ruas batang pendek, tepi daun berwarna keunguan atau kemerahan, dan pembentukan buah dan biji berkurang .

 


Sumber: silvikultur.com, agroteknologi.id, dan vegIMPACTN